CFD (Car Free Day) bareng Rapotivi


Hari ini, judulnya bikin pengalaman baru. Sosialisasi Rapotivi ke publik melalui CFD. Sebenernya saking semangatnya buat acara CFD ini (entah karna apa semangatnya)* malamnya  jadi rada ga bisa tidur gitu. Haha.. sekitar jam sebelas lewatan saya baru bisa memejamkan mata tuk acara esok. Segalanya sudah saya persiapkan terutama alarm, di pasang dengan volume full. Soalnya fatal kalo kesiangan bangunnya. Hhe.. Tara... saya bangun tepat pukul 03:40 sambil geliat-geliat mencoba mengumpulkan arwah dan beranjak ke toilet. Biar lebih fresh tak lupa tuk tahjjud..berdo’a supaya selamat di koantas..maklum baru pertama kali berangkat shubuh-shubuh ke Gelora Bung Karno, sendirian, badan cukup minimalis, gak tau jalan pula... jadi sangat di anjurkan untuk menyiapkan berbagai pertahanan diri terutama dengan berdo’a. Setelah mandi, minum obat dan bla-bla-ba nya. Oh iya ko rajin amat ya saya berangkat shubuh-shubuh...Yaaa karena harus kumpul jam 6. Jadi mau gimana lagi.

Selepas sholat shubuh saya bergegas keluar dari kosan, sambil berharap gerbang kosan sudah di buka. Dan ternyata.... dari kejauhan saya kira gerbang sudah dibuka, udah seneng aja hati rasanya, gak usah ada acara manjat pagi-pagi. Pas di deketin ternyata gembok masih terkunci RAPIH. Gak mikir panjang lagi, langsung naik dan HAPP! Lompat .. asli itu suara gerbang kenceng banget, untung gak da orang yang liat. Hhe.. saya mempercepat langkah saya, khawatir koantasnya sudah lewat..kalau gitu kan repot jadi harus nunggu lagi. Dan Alhamdulillah meskipun rada bahaya juga pas nyebrang, langsung dapet koantas 102.. horreeee..

Hati was-was dimulai pas tau ternyata saya penumpang pertama, maklum banyak kejadian yang rentan banget terjadi di angkutan umum jadi agak was-was. Mulut saya gak berhenti berdzikir, sambil sesekali di ajak ngobrol sama supirnya. Sebenernya pas supirnya ngajak ngomong saya rada kurang jelas denger supirnya ngomong apa, akhirnya saya iya iya aja jawabnya. Hehe.. pas supirnya nyuruh pindah ke depan, saya takutlah.. jadi saya malah pindah duduk deket pintu. Agak tersinggung juga bapak supirnya kayanya. Padahal saya agak kedinginan kena angin. Tapi tak apalah..kapan lagi ngerasain udara shubuh di Ciputat. Sesekali saya lihat google map, takut-takut saya di bawa kabur.. :D was-was tingkat tinggi ini. Kekhawatiran saya mulai berkurang saat penumpang lain mulai naik. Alhamdulillah.. gak berdua doang ama pak sopir.. makasih ya Allah..

Sambil terus lihat-lihat nama jalan, akhirnya nyampe juga di kawasan Gelora Bung Karno (GBK). Tapi, karena janjiannya di depan pintu 8 tepatnya di jl. Asia Afrika, jadi masih lurus terus. Pas turun... abang ini jl. Asia Afrika ? saya nanya baik-baik ala orang tak tau arah, iya neng , lah itu jl. Asia Afrika, abang sopirnya jawabnya agak ketus,,hhe mungkin efek masih tersinggung, ngerasa di sangka orang jahat sama saya. Maaf ya pak, beneran gak maksud. Saya masih belum bisa melihat dengan jelas, soalnya memang masih agak gelap. Akhirnya saya ngikutin bapak-bapak yang pakaiannya si olahraga gitu, pasti mirip-mirp tujuannya sama saya.  Masuk di gerbang pertama, saya langsung ngehubungin K. Septi sang ketua Gengs,,haha  k septi coba kasih saya arahan, tapi yaa..karena saya baru ke sana, jadi saya agak gak nyambung.. akhirnya meskipun udah di kasih tau, saya malah luruuuuus aja jalan ikutin orang-orang yang saya lihat. Dan Alhamdulillah nyampe juga di tempat kumpul. Tapi saya rada sedih juga, ternyata baru saya sendirian yang nyampe, oalaaah... saya kira saya sudah telat. Saya lihat jam, ternyata baru jam 05:45. Ok, akhirnya saya menunggu sendirian..sambil menikmati suasana GBK. Satu tempat baru, yang akhirnya saya kunjungi. Hahay. Sebernya saya agak ngerasa risih juga, agak diliatin orang gitu, mungkin karena saya pakai rok dan jaket kaya orang gak mau olahraga. Hhe.

Cukup lama menunggu, lumayan...hmm..yaaa gitu.. hee. K septi sebenernya sudah sampe, tapi karena bawaannya banyak, jadi harus nunggu bala bantuan dulu, jadi kita misah tempat nunggunya. Akhirnya dari gelap terbitlah terang, sudah jam 6 lewat masih belum ada yang datang. Saya mutusin buat nyamperin k septi, mungkin bisa bantu bawa barang-barangnya. Nah, di perjalan menuju k septi yang lagi nuggu di pintu 3, pas banget ketemu sama relawan Rapotivi yang lain. Namanya K.Fidia, relawan aktif dengan pengaduan terbanyak. :). Ternyata k. Septi sendirian nunggu deket pos jaga, dan bawaannya cukup banyak. Sarapan untuk anak-anak Rapotivi.. yang entah mungkin k. Septi mamahnya..hhe . dari bertiga akhirnya dateng juga k Ita dan temannya k. Bella. Awalnya agak canggung, tapi karena dua-duanya suka bercanda akhirnya, saya beraniin diri tuk berbaur. Biar lebih akrab, kan satu TIM.  Gak lama, dateng juga trio kwek-kwek. K. Adam, k. Ekal dan k. Rega. Disusul dateng juga K. Putri dan k. Uci. Sebenernya pas k putri pergi nyamperin k septi, k uci kan jadi sendirian tuh. Saya pengen ngajak ngobrol,, tapi gak berani..entah karena apa gak beraninya * akhirnya mungkin karena kita sibuk sendiri-sendiri, k uci jadi sa’i ngiterin GBK. Hhe maaf ya k. Uci , kadang saya rada pemalu juga.

Nunggu lumayan lama, tuk dapet arahan lebih lanjut dari ketua gengs, akhirnya BT juga, karena k Septi cukup lama juga ngilangnya. Jadi saya, k ita dan k Bella, mutusin buat sa’i di GBK satu puteran. Gimana feelnya ?? cukup melelahkan. Hhehe.. yang anehnya, saya lari duluan, ko k ita sama k bella yang nyampe duluan..dalam hati, keren larinya kenceng banget. Ternyata k ita dan k bella gak lari, malah ikut senam dan akhirnya puter arah..setelah trio kwek-kwek ngasih info sosialisasi suda dimulai. hmm... :D

Sampai pada inti acara kumpul kami, YAP!! Sosialisasi Rapotivi,  lembaga publik yang mewadahi keluhan masyarakat tentang acara TV yang bermasalah dan akan di lanjutkan ke Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Kami di bagi tiga TIM. Pertama trio kwek-kwek, kedua k ita dan k. Bella, dan yang ketiga saya, k fidia dan k nabila. Tapi karena k nabila mencar, jadi kami ada 4 tim. Kalau k septi dan sesepuh Rapotivi lainnya menjaga stand photbooth. Langkah kaki kami langsung mengarah ke pengunjung yang lagi istirahat sambil otak atik Hpnya. Disini ni mulai ngerasa seperjuangan dan sehati sama Sales..hhaaha..bedanya kami bukan nawarin dagangan. Awalnya agak kaku juga pas ngejelasin apa itu Rapotivi, akhirnya lama kelamaan jadi lancar kira-kira kalimat yang sering saya pakai begini “ permisi k, mohon maaf mengganggu waktunya sebentar, kami dari  lembaga publik Rapotivi, berfungsi untuk mewadahi aduan masyrakat berkenaan acara Tv yang bermasalah, dan akan kami lanjutkan ke KPI. jika kakak-kakak, berkenan untuk membantu mewujudkan tv Indonesia yang lebih sehat, boleh kakak buka website kami di www.rapotivi.org. Untuk kami jelaskan bagaimana membuat aduan lewat website kami” dst. Namanya manusia beda-beda, ada yang dengan senang hati nerima kami, ada juga yang, kami belom selesai ngejelasin, Sudah mengangkat tangan, maaf mba enggak dulu. Mungkin kami dikira mau dagang. Ya sudahlah...keep spirit. Ternyata jadi sales itu harus memiliki hati yang lapang, harus lebih lapang dari lapangan GBK. Nah loh..agak alay ini..hhe karena kami mencoba sosialisasi ke berbagai usia, jadi feelnya juga beda, lebih enak ke anak mudanya.. jadi bicaranya juga bisa lebih santai. Apalagi ke anak-anak sekolahan yang semangat banget denger kata DOORPRIZE. Hhe. Saya sama k fidia jalan cukup jauh dari pintu 8 ke pintu 12. Tulang belakang saya sudah demo besar-besaran. Rasanya ingin bertemu kasur dan freshcare. Sekitar jam 9:15  Alhamdulillah kertas data kami sudah penuh, jadi kami putusin tuk kembali ke tempat kumpul. Tadaaa .. ternyata kami paling akhir...temen-temen yang lain sudah foto-foto..pas nyampe saya sudah seperti manusia tak makan seharian, haha langsung ngedeporok ke tas , yang entah tas siapa..asli ni tulang belakang kerasanya Masya Allah.. temen-temen nyambut kami..Prok-prok-prok..keren-keren kalian luar biasa. Kalau k putri bilaang, apa yaa...pokonya ada kata militan-militan gitu. Sebenernya saya gak ngerti militan itu apa,hhe . gak lama bernafas langsung foto bareng. Karena temen-temen yang lain udah siap pulang. Tiga jepretan dengan gaya yang sama aja, hhe maklum hayati sudah amat lelah. Sebernya ada satu hal yang tersembunyi, saya pengen banget buku note Rapotivi, habis kece badai. Tapi, udah abis, ya sudahlah jadinya.


Perjalanan pulang bareng k septi dan k putri, numpang mobil, mas apa gitu namanya lupa. Selama di perjalan ngobrol-ngobrol beraneka ragam topik. Dari topik yang ringan ke topik agak berat, sampai topik berat jadi kaya ringan.Hhe. Sempet kena tilang juga.karena bawa photobooth di atas mobil.  Mungkin karena gak denger GPS juga, waktu di suruh putar arah kali ya..hhe.  Nyampe  di Rawamangun, saya harus pisah, karena harus naik bus Mayasari bakti jurusan kampung Rambutan. Sempet agak takut juga si pas di halte, soalnya ada segerombolan anak muda gitu,  tapi karena saya fokus sama tulang belakang saya jadi gak fokus takutnya. Hihi.. setelah cukup lama menunggu, dateng juga yang di tunggu. Dengan ongkos 6000 rupiah sampe saya di kampung Rambutan. Sempet bingung juga ternyata busnya gak ke jalan baru, jadi pas turun saya harus nyebrang, karena liatnya angkot KR ya udah saya naik, ternyata saya malah di ajak muter ke terminalnya, tapi karena badan sakin semua, saya malas turun. Jadi, saya fikir gak pa pa deh, sekali-sekali naik KR. Dan ternyata itu adalah kesalahan . ternyata muternya juauh. Hikz hikz..macet pula..tambah kerasa aja dah sakit tulangnya. Saya baru sampai di depan Tamini square sekitar pukul dua. Karena khawatir waktu sholat zhuhur habis, saya putuskan turun di depan masjid di sisi jalan. Usai sholat baru saya meneruskan perjalan pulang. Setelah bermacet-macet ria, akhirnya sampai juga di rumah tercinta. Meskipun gak lama setelah itu kena marah sama ibu, karena gak bantu ibu nyambut tamu yang dateng gak lama setelah saya sampai rumah. Maaf banget ya bu, asli badan aku sakit semua. Tuk penutup, di tunggu acara Rapotivi lainnya. Bersama wujudkan tv Indonesia yang sehat. Sangat senang bisa jadi bagian dari Rapotivi :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Lagu Tajwid

kumpulan lagu anak (Islami)

Perbedaan dan Persamaan Pemikiran Tokoh Ekonomi Islam Kontemporer