Karena sholawat


Begini ceritanya, tanggal 7 Agustus tepatnya hari Jum’at. Saya agak kaget juga, ada telepon dari dosen saya, awalnya saya gak engeh itu suara siapa. Tapi, pas saya coba inget-inget lagi, saya tau itu suara Pak Abdur Rouf yang dua hari lalu, amanahin saya tuk jadi koordinasi peserta worksop. Untung pas saya nanya ini siapa? Signalnya lagi jelek. Hehe.. niat saya tuk seharian dikosan sirna sudah, karena pak Rouf meminta saya tuk keruangannya. Saya yang memang masih acakadut, langsung bergegas. Karena saya bilang ke pak Rouf akan keruangannya pukul 09:30. Saat itu sudah pukul 09:00, jadi saya punya waktu setengah jam tuk prepare. Gejebar gejebur deh judulnya. Selepas dhuha, saya langsung tancap gas, mempercepat langkah kaki saya sambil sesekali melihat jam tangan di kiri saya. Jarak kosan ke kampus, dibilang deket, gak juga. Di bilang jauh, gak juga si. Jadi..ya..lumayan. Saya paling kesel, kalau bagian nyebrang. Masya Allah pokonya. Mobil sama motor yang lewat kadang gak mau ngalah. Udahnya harus ada dua kali nyebrang. Pokonya lulus UIN bakal dapat bonus jadi ahli nyebrang jalan deh. Hehe.

Singkat cerita, saya baru nyampe depan fakultas, pukul 09:32. Sudah terlambat 2 menit. Saya menambahkan kecepatan langkah saya, menuju ruang Prodi yang berada di lantai 2. Fikiran saya, berputar-putar, haduuh bagaimana ini, daftar namanya belum saya catet. Udah takut aja tuh saya. Pas nyampe di ruang pak Rouf sambil mengatur nafas saya, pak Rouf memulai pembicaraan. “Farihah, kamu bisa saritilawah?”. Saya diam sejenak. Saya lupa saritilawah itu apa ya, kata saya dalam hati. Saya bisanya murotal pak. Jawab saya sok nyambung. “ Nggak, kalau yang baca al-qur’annya sudah ada, tinggal yang baca terjemahannya”. Nah, mendengar itu, saya baru konek, oh iya. Saritilawah itukan yang baca terjemah. Hehe. Bisa pak. “kalau gitu, saya minta tolong, kamu jadi sartil ya di acara pernikahan murid saya”. Saya nggak langsung jawab iya, salah malah nanya, acaranya kapan pak? “hari minggu tanggal 9” sebenernya, hari minggu saya harus ngajar di Cinere. Tapi, gak tau kenapa, saya malah mengiyakan tawaran pak Rouf. “kalau begitu kamu sama Fajri berangkat jam 6 ya, acaranya di daerah Tebet. Kamu tau tebet?” saya yang sering ngelupain jalan, Cuma ngejawab, tau pak..tapi waktu itu saya Cuma lewat doang.hehe. “kamu tau jalan sudirman?” tanya pak Rouf lagi. Semakin asing nama jalan yang ditanyain, semakin gampang saya menjawab.hhe.. maaf pak, gak tau. Saking pantang menyerahnya, pak Rouf sampe bikin gambar denah gitu. Saya dengerin aja pak Rouf bicara sambil bikin gambar. Tapi, tetep saya tidak nyambung sama sekali. Gak kebayang apa-apa. Tingkat akut memang pengetahan saya akan jalan. Saya sendiri bingung. Kapan saya bisa hafal jalan kaya orang-orang. Meskipun sudah berusaha tuk nyatet, perhatiin jalan. Tetep aja, gak mudah tuk saya mengingat rute jalan. Ya Allah hilangkanlah kekurangan saya yang ini. Jadi sediih.

Balik lagi ke pak Rouf.

Setelah beliau berbicara, cuuuukup panjang. Dan saya hanya jawab iya, iya dan iya.hehe.. pak Rouf bialng begini, qoriahnya tingkat nasional. Saritilawahnya tingkat RT. Saya senyum, soalnya saya kira. K fajri itu juara qori nasional, dan kalau saritilawahnya baru juara di tingkat RT. Dan beberapa detik kemudian, saya baru engeh. Maksudnya saritilawah tingkat RT itu ke saya. Senyum saya langsung hilang..tegaaanyaa bapak ni.

Esok paginya, saya langsung download video contoh saritilawah tingkat nasional.hehe.. setidaknya saya ingin memberikan yang terbaik. Lagi iseng cari video yang lain, saya malah lihat video ceramah Wirda, anak ustadz Yusuf Mansyur. Saya tertarik akhirnya saya buka. Di video itu, Wirda berbagi pengalaman, tentang kisah dia menginginkan mac book air.  Ia teringat pesan ayahnya, kalu mau sesuatu, bacain aja sholawat. Terus dia print gambar mac book air, terus dibacain sholawat. Sambil ikhtiar, dengan dhuha dan tahajud. Singkat cerita dua minggu kemudia ,terwujulah keinginnanya itu dari jalan yang tak disangka-sangka. Subhanallah. Maha besar Allah..sayapun jadi ingin mencobanya, karena memang saya mau banget punya laptop sendiri. Selain tuk temani saya menulis, juga gak bisa dipungkiri. Semester tiga, tugas akan lebih banyak. Usai melihat video tersebut, saya latihan sendiri dikosan, ada beberapa kalimat yang keseleo pas latihan. Seharusnya “hubungan silaturahim” saya baca hubungan suami istri. Harus nya “mengawasi” saya baca, menguasai. Ampun deh. Saya juga agak khawatir pas tampil saya keseleo bacanya. Tapi, saya buang jauh-jauh kehawatiran saya, karena memang..kalau khawatir, nanti malah jadi kenyataan. Dengan terus melancarkan saritilawah saya.

Hari minggupun tiba, saya malaaaaas sekali rasanya. Tapi, akhirnya saya tetap siap-siap. Sehabis sholat shubuh, saya gak tidur lagi. Dandan-dandan gitu. Sekitar setengah 6 saya sudah berangkat ketempat ketemuan yang sudah saya sama k Fajri sepakati sebelumnya. Seperti biasa, gerbang kosan masih terkunci rapih. Namun, kali ini saya gak langsung nekad naik gerbang. Masa udah rapih pakai gamis, saya manjat. Meskipun akhirnya saya manjat juga. Karena beberapa kali saya ketk pintu dan ucap salam ke rumah ibu kosan. Hasilnya nihil. TAP ! dan kali ini, gerbang gak bunyi kenceng, saya agak kemayu pas lompatnya. Hayo... lompat versi kemayu gimana?? :D

Saya menunggu k fajri hampir dua puluh menit. Dari gelap terbitlah terang, judulnya gitu lagi. K Fajri baru muncul sekitar pukul 06:20 gitu. Pakaian k Fajri juga layaknya orang mau ke ondangan, gak kaya saya, meskipun dandan..tapi, gak kaya ..gak gitulah pokonya. Maklum jarang ke ondangan. Setelah muter-muter mencari mana lokasi pernikahannya akhirnya nyampe di lokasi jam 07:20. Pak Rouf sudah was-was dan menelpon kami berkali-kali. Kamipun bergegas menuju pak Rouf. Dan subhanallaah..ternyata ini acara di balai sudirman. Sambil mengarahkan kami ketempat duduk, pak Rouf mengenalkan kami, kebeberapa orang disana. Pakaian k Fajri memang menawan selain memang k Fajri juga tinggi dan cantik. Sementara saya hanya mengenakan pakaian sederhana. Sampai-sampai, yang diajak salman k Fajri doang. Hehe... Saya sdikit gugup, saya kira acara pernikahan biasa. Saya agak khawatir, pertama dengan suara saya yang katanya cempreng, dan khawatir saya gemeteran. Nanti ketauan banget amatirannya saya. Tapi, kalau sudah sampai dilokasi gini mau gimana lagi, masa saya mau kabur. Gak mungkin kan..saya putuskan tuk berdo’a, bedzir dan sholawat. Salah satu do’a saya “ya Allah, sesungguhnya hamba tak bisa apa-apa tanpa bantuan Mu, maka tolonglah hamba, lancarkanlah penampilan hamba dan k Fajri. Aamiin” alhamdulillah, Allah mengabulkan do’a saya, penampilan kami berdua lancar. Meskipun saya gak tau suara saya kedengeran sama orang lain seperti apa. Yang pasti, saya sudah berusaha memberikan yang terbaik. J usai penampilan dan pak Rouf selesai memimpin do’a. Pak rouf memberikan kami secarik amplop yang ada isinya.hehe.. saya merasa amat bersyukur. Isinya itu...bisa tuk tambah-tambah tabungan saya tuk beli laptop. Senang sekali rasanya. Makin dekat, dengan apa yang saya butuhkan. Kalau bahasa al-Qur’annya rizqi yang “min haitsu laa yahtasib” J  makin semangat sholawatnya deh.:D

                                                              Keep sholawat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Lagu Tajwid

kumpulan lagu anak (Islami)

Perbedaan dan Persamaan Pemikiran Tokoh Ekonomi Islam Kontemporer