Daya tarik Pasar Senen?



ceritanya ngaborong iyeu..hehe



           Usai hiruk pikuk perayaan tahun baru, akhirnya jadi juga jalan bareng Anis (teman kecil) saya. Sulit tuk keluar sama-sama dengan teman yang satu ini, karena jadwal kuliahnya yang padet. Setelah menggalau mau beli buku atau ikut sekolah aktivisnya Komune Rakapare akhirnya saya putuskan tuk memakai uang tabungan saya untuk beli buku di pasar Senen karena jadwal sekolah Rakapare barengan dengan jadwal karantina olimpiade. Sebenernya ngenes juga, karena dari awal saya nabung memang niat tuk dipakai bekal ongkos dan pegangan selama ngikutin sekolah rakapare yang udah saya tunggu-tunggu. Tapi, ya mudah-mudahan tahun depan bisa ikut. Amiin.


Saya termasuk orang yang gak tegaan nawar, suka kasian sama pedagangnya, gak enakkan pula, bisa dibilang saya calon pembeli favorit pedagang.hahha. Hari ini masih banyak toko buku yang tutup karena memang masih pada liburan gitu kata abang-abang tempat saya menguras tabungan saya. Saya membeli 11 buku di toko si abang yang ngaku namanya “bang frenky”. Si abangnya cukup meyakinkan saya untuk berlangganan, akhirnya saya simpan nomornya dengan nama “Bang Buku Senen” kali-kali hasil tabungan berikutnya akan saya habiskan lagi di toko itu.

Dari rumah saya sudah target dengan budget 400 ribu bisa dapat 12 buku, yang berarti satu buku seharga 25 ribu. tapi, Alhamdulillah saya bisa dapat 14 buku dengan sisa uang 20 ribu. senang rasanya bisa beli banyak buku yang saya suka. Dan ini pertama kalinya saya ngeborong buku, rasanya kaya anak pecinta buku beneran. Hehehe. Ya ...mudah-mudahan dengan gini saya bisa jadi sahabatan sama buku beneran. Aamiin.

Saya selalu sadar rasa suka saya terhadap membaca masih kurang, yang paling memilukan saya tahu betul bahwa membaca adalah kewajiban yang pertama kali Allah turunkan melalui wahyu kepada Rasulullah SAW. Tak ada lagi bukti cinta yang lebih dalam kepada Allah dan Rasul-Nya selain dengan terus menggali ilmu pengetahuan dan mengamalkannya begitu fikir saya. Tapi, entah berantah saya harus ekstra dorongan tuk membawa diri saya terhanyut dalam indahnya tenggelam dalam rasa haus akan ilmu.

Oh ya, ibu saya tidak pernah ngecek buku apa yang saya baca. Intinya kalau saya baca buku, ibu memasang pandangan “anak saya sedang belajar, jangan sampai terganggu” ya...kira-kira begitu perkiraan saya. Bagi saya membaca novel pun adalah belajar. Contoh saya menyukai karya Tere Liye yang serial anak-ana emak, karena didalamnya saya mempelajari banyak hal, tetang keluarga, cara menjadi orang tua, adik maupun kakak. Layaknya ada keluarga nyata yang disuguhkan untuk jadi panutan bagi yang membacanya. Abais baca novel kaya gitu, saya suka jadi terdorong menuju jalan yang lurus.hahha. Penting rasanya penulis sejarah berkolaborasi dengan penulis novel untuk menyajikan sejarah yang lebih enak untuk dibaca dan mudah diingat. (‘o’)/ Yang pasti kalau habis baca buku novel saya tergerak tuk menulis.hehe

Dalam hati saya deikit terbesit, buku ini buku ilegal sebenarnya. Ya, saya tahu itu, saya tidak membenarkan tindakan saya ini. Saya menjadi pembeli buku bajakan. Karena rasa ingin dapat banyak buku dengan budget yang saya miliki. Buku asli dengan harga yang diatas 50 ribu satunya membuat saya ingin menangis. Dengan budget 400 ribu saya hanya bisa dapat 6-7 buku. Kapan harga buku bisa ramah kantong anak yang belum punya penghasilan seperti saya ini. Karena saya buka pecinta shoping baju, tas, alat kecantikan, jadi saya sedikit ngerasa yaa....jangan intimidasi saya dengan kalimat, giliran beli baju aja bisa, nggak masalah dengan harga selangit. Maaf mas bro, saya nabung niat nyisihin buat beli baju pun nggak keingetan saking senengnya ngeliat buku yang saya suka. hhi  Entah bisa disebut perjuangan atau nggak, untuk menabung saya rela makan tempe hampir tiap hari, jarang jajan, bener-bener nahan nafsu. Hihii..

Ada 3 buku asli yang saya beli, buku Fiqih Ekonomi Umar bin Khatab (80.000) buku tebal dengan hard cover, Novel priayi (20.000) dan komik 100 kebiasaan Rasulullah SAW (10.000). Saya sengaja tulis harganya supaya jadi kenang-kenangan. Hehehe.Perjuangan tuk nabung akan berlanjut, mudah-mudahan sudah ada tambahan dari penghasilan sendiri. Amiin


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Lagu Tajwid

kumpulan lagu anak (Islami)

Perbedaan dan Persamaan Pemikiran Tokoh Ekonomi Islam Kontemporer